Sejarah

KOTA PELANGI singkatan dari Komunitas Wanita Pengusaha Jualan Dagangan Mandiri merupakan komunitas yang beranggotakan perempuan-perempuan kreatif yang memiliki jiwa wirausaha dan bertempat tinggal di kecamatan Pancoran. Komunitas ini mulai terbentuk sejak 2017 dengan Ibu Yuli sebagai penggagas sekaligus menjadi ketua komunitas saat ini.

Komunitas ini lahir sebagai bagian dari upaya pemberdayaan potensi perempuan dalam bidang kemandirian usaha. Setiap anggota komunitas ini memiliki minimal satu produk sebagai hasil dari home industry yang sedang ditekuni saat ini. Beberapa diantaranya menekuni kegiatan wirausaha ini berawal dari hobi, ada juga yang hanya diawali dengan asal coba saja dan ada beberapa yang memang menjadikan kegiatan wirausaha ini sebagai kegiatan pokok yang diharapkan dapat memperbaiki kondisi ekonomi keluarganya. Anggota komunitas memiliki semangat tinggi untuk terus memperbaiki kegiatan wirausahanya. Pada beberapa kesempatan, anggota komunitas berkumpul untuk saling berbagi informasi tentang bisnis maupun saling memberi saran untuk kebaikan bersama.

Divisi

Komunitas Pelangi terbagi dalam beberapa divisi dengan tujuan untuk memberikan ruang yang lebih spesifik dalam berbagi informasi dan saran, serta memudahkan pengurus komunitas untuk melakukan treatment pelatihan yang tentunya berbeda kebutuhan untuk setiap divisi.

SDM & Pengembangan
Food & Culinary
Handycraft
Fashion
Retail
Marketing

Pada divisi beberapa produk yang sudah ditekuni oleh anggotanya adalah : siomay, rendang, susu kedelai, mie, roti, kue basah dan es krim dan lain sebagainya. Sedangkan pada divisi fashion, anggotanya lebih dominan memproduksi fashion muslimah pada toko online maupun toko offline yang dimiliki. Pada divisi handicraft, beberapa produk yang masuk pada kategori ini adalah bross dan kerajinan flanel. Divisi terakhir yakni divisi retail telah lebih banyak bergerak sebagai reseller online, tetapi beberapa juga merupakan reseller offline

Komunitas Pelangi diharapkan dapat menjadi role model perempuan-perempuan secara khusus di wilayah Pancoran dan di seluruh Indonesia secara luas terkait dengan kemandirian dalam berwirausaha. Untuk mencapai harapan tersebut, dirasa perlu untuk melakukan beberapa pelatihan dan pendampingan yang mendukung untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan bisnis yang saat ini sedang ditekuni.